Selasa, 13 Mei 2014

Guci Baluster

Guci Baluster Gerabah Oriental era 1960'an, Gaya Da Ming
Sebuah guci baluster dengan motif oriental yang berbeda di tiap sisi permukaannya yaitu peony di dua sisi, 3 scholars latar kuil, dan merpati yang hinggap di dahan pohon. Tinggi guci plus tutup sekitar 33,5 cm, dengan diameter terluas sekitar 18 cm, sedangkan bobot guci sendiri sebelum packing sekitar 3,25 kg. 

Mark tulisan kanji cina yang sekilas terbaca Da Ming- (mungkin maksudnya Nian Zhi) Wanli? ada di bagian alas guci dengan cara penulisan yang tidak biasa. Jika hanya menilai dalam waktu singkat beberapa orang akan menilai guci ini berasal dari dinasti Ming sekitar tahun 1368-1644, era kekaisaran Wanli (1573-1619), apalagi ada mark di alas guci yang memperkuat penilaian, nyatanya bahkan di cina sendiri seringkali membuat replika dengan bahan, proses, dan mark yang nyaris menyerupai aslinya dan hampir sulit dibedakan, pun di mancanegara. Jadi mark guci ini sengaja dibuat hanya untuk fungsi dekoratif, terlihat dari susunan karakter atau abjad mark, dan di era kekaisaran Wanli pada dinasti Ming sendiri sebagian besar guci terbuat dari porselen dengan teknik wucai atau doucai pada motif dan glasir dengan bagian putih tembus cahaya, sedangkan guci ini terbuat dari sejenis gerabah berglasir putih susu tanpa campuran warna biru dongker, dan hanya ada sejumlah kecil nuansa biru cobalt pada motifnya. Pantulan sinar pada permukaan glasir sedikit banyak mampu menjadi salah satu petunjuk dalam mendeteksi usia. 
Guci ini sendiri buatan sekitar pertengahan dekade 1960an, walau jelas mark guci memuat petunjuk usia yang lebih tua lagi. Kondisi tergolong bagus untuk guci puluhan tahun seusianya, meski ada sedikit garis retak di mulut guci yang merupakan bawaan aslinya, baret pembakaran samar pada sekitar motif burung, dan sejumlah kecil bagian yang tidak terkena glasir, seperti pada kedua sisi dalam tutup guci yang tidak terlihat ketika dipajang. Selebihnya utuh dan mulus, layak pajang.


Harga : SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar